Usability adalah atribut kualitas yang
digunakan untuk menilai seberapa mudah tampilan antar muka suatu produk untuk
digunakan. Usability didefinisikan
oleh empat kualitas komponen yaitu Learnability,
Memorability, Errors, dan
Satification. Aspek Usability dievaluasi
dengan mengukur kemudahan pengguna dalam mempelajari tampilan antar muka atau learnability. Dalam hal ini faktor yang
berpengaruh adalah familiar, konsisten, general,
terprediksi, simpel. Pengguna juga dapat mengingat konteks kegunaan dari setiap
komponen antar muka ketika kembali menggunakan sistem atau memorability. Berikutnya, sistem mampu terhindar dari kesalahan user interfaces dan dapat segera
diperbaiki ketika terjadi kesalahan atau errors.
Dan yang berhubungan dengan kepuasan pengguna terhadap tampilan antar muka atau
satification. Konsep dasar dari
kepuasan terletak pada program dapat bekerja sesuai dengan cara berpikir
pengguna (Nielsen, 2012).
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon