Follow Me

UML : Activity Diagram

Activity Diagram adalah diagram yang menggambarkan worlflow (aliran kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa diagram aktivitas menggambarkan aktivitas sistem bukan apa yang dilakukan aktor, jadi aktivitas yang dapat dilakukan oleh sistem. Komponen yang ada pada activity diagram antara lain :
Activity atau state : Menunjukan aktivitas yang dilakukan.
Initial activity atau initial state : Menunjukan awal aktivitas dimulai.
Final Activity atau final state : Menunjukan bagian akhir dari aktivitas.
Decission : Digunakan untuk menggambarkan test kondisi untuk memastikan bahwa control flow atau object flow mengalir lebih ke satu jalur. Jumlah jalur sesuai yang diinginkan. 
Merge : Berfungsi menggabungkan flow yang dipecah oleh decission.
Synchronization : Diabgi menjadi 2 yaitu fork dan join. Fork digunakan untuk memecah behaviour menjadi activity atau action yang paralel, sedangkan join untuk menggabungkan kembali activity atau action yang paralel.
Swimlanes : Memecah activity diagram menjadi baris dan kolom untuk membagi tangung jawab obyek-obyek yang melakukan aktivitas.
Transition : Menunjukan aktivitas selanjutnya setelah aktivitas sebelumnya.

Terkadang keliru dalam penggunaan decission dengan fork. Jika decission digunkan untuk memecah aktivitas yang bersifat kondisional misal Ya-Tidak, atau user1, user2, user3, sedangkan fork untuk memecah behaviour menjadi aktivitas yang paralel seperti user dapat memilih menu hapus, tambah, edit yang dapat dilakukan secara paralel.

Berikut adalah contoh activity diagram :


Demikian, untuk diagram-diagram yang lain dapat dilihat pada link berikut :


Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
aziz
AUTHOR
July 26, 2016 at 6:19 PM delete

sangat bermanfaat :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
September 15, 2016 at 12:53 AM delete

Artikel yang sangat membantu.
Terima kasih.

Reply
avatar
Dwiki Ardian
AUTHOR
February 24, 2017 at 7:57 PM delete

Simple dan Mudah dipahami dilengkapi dengan contoh gambarnya

Reply
avatar
mannasalwar
AUTHOR
May 5, 2017 at 11:18 PM delete

tq gan infonya,mudah2 di manfaatkann dengan baik

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 17, 2017 at 5:52 AM delete

Bukannya Fork sifatnya paralel bukan opsional ?, artinya semua aktivitas itu berjalan bersama beriringan, kemudian disatukan kembali oleh join.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
August 22, 2017 at 11:17 AM delete

kak contoh aktivitinya kan gk pake swimline t ?!! jadi mau tanya nih apa sih bedanya aktiviti diagram yang pake swimline dangan yang gk pake

Reply
avatar
umi fatimah
AUTHOR
September 13, 2017 at 8:32 PM delete

oiya, secara lengkapnya penggambaran activity diagram menggunakan swimline. Swimline digunakan untuk memperjelas objek yang melakukan aktivitas. Misal ada 3 objek yang terkait dengan aktivitas tersebut maka swimline ada 3 kolom, dan masing-masing kolom berisi gambaran aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing objek.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 29, 2017 at 5:20 PM delete

Kak maaf mau tanya penggunaan decission dan fork. Kalo decission itu untuk aktivitas yg bersifat kondisional dan fork untuk aktivitas yg bersifat paralel. Kalo boleh tau itu ada sumber bukunya ga kak?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 30, 2017 at 3:28 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Evan
AUTHOR
October 10, 2018 at 1:02 AM delete

Please find this comprehensive activity diagram tutorial with examples for further learning. There are templates that you can edit straightaway to get started.

Reply
avatar