Follow Me

UML : Usecase Diagram

Usecase diagram adalah diagram usecase yang digunakan untuk menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa dilakukannya. Diagram usecase tidak menjelaskan secara detail tentang penggunaan usecase, namun hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem. Melalui diagram usecase dapat diketahui fungsi-fungsi apa saja yang ada pada sistem (Rosa-Salahudin, 2011: 130). Nama suatu usecase haru sdidefinisikan sesimple mungkin dan dapat dipahami. 

Komponen-komponen yang ada pada usecase adalah : 

  1. Aktor. Merupakan orang, proses atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang akan dibuat. Jadi walaupun simbol aktor dalam diagram usecase berbentuk orang, namun aktor belum tentu orang.
  2. Usecase. Merupakan fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang slaing berinteraksi atau bertukar pesan antar unit maupun aktor.
  3. Relasi. Merupakan hubungan yang terjadi pada sistem baik antar aktor maupun antar usecase maupun anatara usecase dan aktor. Relasi yang digunakan dalam diagram usecase antara lain :
  • Assosiation. Merupakan rlasi yang digunakan untuk menggambarkan interaksi antara usecase dan aktor. Asosiasi juga menggambarkan berapa banyak objek lain yang bisa berinteraksi dengan suatu objek atau disebut multiplicity (Multiplicity dapat dilihat pada postingan Class Diagram).
  • Generalization. Merupakan relasi yang menggambarkan inheritance baik aktor maupun usecase.
  • Dependency. Merupakan relasi yang menggambarkan ketergantungan antara usecase yang satu dengan usecase yang lain. Ada dua macam dependency yaitu include dan extends. Include menggambarkan bahwa jalannya suatu usecase memicu jalannya usecase lain. Misalnya usecase login diinclude oleh usecase memilih menu, artinya usecase memilih menu akan memicu dijalankannya usecase login. Sebelum aktor menjalankan usecase memilih menu, aktor harus menjalankan usecase login dulu. Dalam penggambaran diagram usecase, parah mengarah kepada usecase yang diinclude. Sedangkan extends menggambarkan bahwa suatu usecase dijalankan karena ada persyaratan tertentu dari usecase lain. Misal, dalam sebuah sistem user tidak bisa menjalankan login sebelum dia mendaftar akun. Dalam diagram usecase, usecase daftar akun mengextends usecase login. Artinya aktor harus menjalankan usecase daftar akun dulu sebelum menjalankan usecase login karena usecase login memiliki syarat aktor yang melakukan login harus sudah melakukan pendaftaran akun. Arah panah dependency mengarah pada usecase yang memiliki syarat. (MSDN, n.d).
Berikut adalah contoh Usecase Diagram :



Untuk diagram-diagram UML lainnya lihat di link berikut :


Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
November 15, 2016 at 8:12 PM delete

Terimakasih, tulisannya sangat membantu.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
June 10, 2017 at 11:09 PM delete

Kalau penjelasannya spt di atas apa perbedaan include-extend?

di situ dijelaskan bahwa:
include - Sebelum aktor menjalankan usecase memilih menu, aktor HARUS menjalankan usecase login dulu.

extend - user tidak bisa menjalankan login sebelum dia mendaftar akun.


Keduanya menjelaskan kalau ingin menjalankan suatu usecase maka harus menjalankan usecase lain terlebih dahulu, lalu perbedaannya dimana..?

Reply
avatar
Abrisam
AUTHOR
December 16, 2017 at 6:23 AM delete

ini sangat mudah di pahami terimakasi
my blog

Reply
avatar