Follow Me

Aspek Compatibility


Compatibility testing adalah pengujian yang digunakan untuk memeriksa apakah perangkat lunak yang dikembangkan mampu berjalan pada hardware, sistem operasi, aplikasi, ataupun lingkungan jaringan yang berbeda. Pengujian kompatibilitas berfungsi untuk menentukan set lingkungan yang diharapkan dapat menjalankan aplikasi yang dikembangkan. Semakin aplikasi dapat berjalan di banyak jenis perangkat yang berbeda, maka semakin baik aspek kompatibilitasnya.
Sifat open source yang ada pada Android, menjadikan banyaknya perangkat yang memakai Android sebagai sistem operasinya. Perangkat tersebut tentunya memiliki konfigurasi perangkat yang berbeda-beda seperti fitur, ukuran layar dan densitas layar. Fitur yang ada pada setiap perangkat bisa jadi berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga fitur yang digunakan untuk menjalankan fungsional aplikasi harus didefinisikan pada Android manifest, sehingga google play store dapat mendeteksi kompatibilitas aplikasi terhadap perangkat yang akan memasang aplikasi tersebut. Beragamnya versi Android juga harus diperhatikan agar aplikasi yang dikembangkan dapat berjalan di banyak versi. Maka perlu menetapkan minimum versi untuk menjalankan aplikasi. Konfigurasi layar yang berbeda-beda juga harus diperhatikan dalam pengembangan sehingga aplikasi dapat menjaring banyak pengguna perangkat Android (Developers, n.d.).
Kumar dan Chauhan juga mengungkapkan bahwa kompatibilitas aplikasi mobile dapat diukur dengan menguji aplikasi di berbagai platform perangkat mobile yang berbeda, versi OS yang berbeda, ukuran layar yang berbeda, resolusi yang berbeda, pengujian terhadap perubahan server, serta pengujian aplikasi dalam berinteraksi dengan aplikasi lain pada device (Kumar-Chauhan, n.d.).

Berdasarkan uraian di atas compatibility suatu aplikasi Android yang bersifat stand alone dapat diukur dengan: 1) Menguji coba aplikasi pada perangkat Android dengan platform mobile yang berbeda; 2) Menguji coba aplikasi pada versi OS yang berbeda; 3) Menguji coba aplikasi pada ukuran layar yang berbeda; 4) Menguji coba aplikasi pada resolusi layar yang berbeda.


Previous
Next Post »